Monday, May 19, 2014

Taklukkan Dirimu di Terjal dan Rimbunnya Hutan Sempu!

Diawali dengan omelan saya pada suatu pagi di hari minggu dikarenakan rekan saya Masasdani mengunggah foto-foto ciamik yang dia beri caption Pulau Sempu di akun twitternya, saya lalu memutuskan untuk googling. Saat itu, Pulau Sempu belum masuk bucket list saya. Setelah mencari-cari informasi, saya belum langsung tertarik untuk kesana karena menurut yang saya baca, medan trekkingnya agak berat. Saya lalu cuma iseng memberi tanggapan pada teman saya, “tahun depan aku bakal kesana”.

Sendang Biru




Ternyata kata-kata adalah do’a (dan semangat). Minggu kemarin saya akhirnya mengunjungi si cantik Sempu yang tersembunyi bersama teman-teman yang luar biasa seru dan meriah. Kami (saya, Devy, Ariel NOAH, WidiDandy dan Faleddo) mempercayakan trip kali ini pada sebuah trip organizer dengan beberapa pertimbangan. Selain karena medannya yang agak berat sehingga kami merasa wajib hukumnya didampingi pemandu, juga Pulau Sempu ini adalah area konservasi dan cagar alam, kami ingin mematuhi semua peraturan dan menyerahkan semua pada trip organizer untuk mengurus perijinan karena kami tidak memiliki banyak waktu.

Trekking
Menuju Pulau Sempu, kita akan berkendara dari kota Malang ke arah selatan selama kurang lebih 2,5 jam lalu menyeberang dari pelabuhan sendang biru selama 30 menit saja. Pssttt khusus untuk para wanita, di pelabuhan sendang biru banyak pemuda berperut sixpacks memamerkan otot kawat tulang besi badan mereka yang mengkilap dicumbu sinar matahari. Hahahahaha *wink wink*

Mas-mas berperut sixpack nya hilang :(
Lupakan soal mas-mas berperut indah karena sesampainya di pantai, trekking sudah harus dimulai hanya dari jarak kurang lebih 50 m. menurut teman-teman yang sudah beberapa kali melakukan trekking, medan di sempu lumayan ringan, tapi untuk pemula cukup menguras tenaga dan membutuhkan perjuangan ekstra. Jika semua berjalan lancar, area trekking menuju segara anakan di Pulau Sempu dapat ditempuh dalam waktu 2 jam.

Semangat, Devy!!!


Rasa lelah, nyeri di kaki, pegal di bahu karena menggendong carrier dan peralatan camping akan luntur setelah bertemu segara anakan yang saat itu sedang tenang, dengan gradasi warna turquoise dan hijau tua. Hati saya berdesir, sekaligus hangat. Saya merasa sangat kecil dan bersyukur masih diberi kesempatan mengunjungi tempat indah ini.

Splash splash!!
Di tepi segara anakan, tenda-tenda mulai terpancang berwarna-warni. Yah, saat itu malam minggu, dan akan jadi malam yang panjang tentunya. Malam yang mnyenangkan untuk kami yang lelah seharian menyusuri hutan. Saya sama sekali tidak merasa menaklukkan Pulau Sempu, ataupun tempat lain yang orang bilang memiliki medan cukup berat. Saya merasa menaklukkan diri sendiri. Menaklukkan ego untuk tidak berbuat sesuka hati, menaklukkan rasa manja, cuek, sombong dan pesimistis. Buat saya, trekking Sempu ini bukan sekedar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan jiwa, yang berbuah manis.

Tenda dimana-mana
closer look
Dari balik tembok karang


Lilis, Sempu got her body tired; but it turned her heart a flame

We are team
Enjoying life
Ps:
Thank you masas dani for your recommendation
No editing on those pics above, what you see is what you get



Info Tambahan
  • Kami memakai jasa Nusantara Trip dan mendapat pelayanan sangat baik
  • CP Mochtar +6281334043096
  • Jika tidak menggunakan jasa trip organizer, semua pengunjung HARUS melapor sendiri ke kantor konservasi Pulau Sempu

1 comment:

  1. next Untuk Wisata dimalang dan sekitarnya bisa juga memggunakan Jasa Kita Malangtravel Guide , pelayanan yg ramah juga. Wisata Pantai 3 Warna, banyu Anjlok, dan masih banyak yg lainnya.. hehe

    ReplyDelete

About

About Me Soal bepergian dan bertemu orang baru, saya memang suka. Tetapi sejak lulus kuliah lalu mendapat pekerjaan, kebiasaan itu seperti terhenti begitu saja. Saat itu saya merasa enjoy dengan pekerjaan yang memang saya idam-idamkan. Perasaan bahagia saat itu muncul karena sebagai mantan mahasiswa (yang saat itu baru lulus) yang dulunya selalu mendapatkan uang saku dari orang tua lalu tiba-tiba bisa menghasilkan uang sendiri. It fells really really good.
  • 436 Followers

  • Author

    authorBetapa Tuhan memberkahi saya dengan kesehatan dan kesempatan.
    Lebih Lanjut →



    Tweet Me