Friday, October 17, 2014

Ada Afrika di Jawa Timur!

Di Jawa Timur setidaknya ada dua Taman Nasional yang namanya mulai terkenal. Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi dan Taman Nasional Baluran yang ternyata secara administratif masuk wilayah kabupaten Situbondo (tadinya saya menyangka TN Baluran termasuk wilayah Banyuwangi juga :p).



Taman Nasional Baluran namanya semakin melejit ketika ia diberi julukan Afrika van Java. Afrika rasa Jawa Timur. Dinamakan demikian karena padang rumput di TN Baluran memang mirip apa yang ada di Afrika. Bedanya tentu saja jenis satwa di Afrika lebih banyak. Kita tidak bisa bertemu jerapah di Baluran. Hehehe

Ikon TN Baluran
Yoga pose everywhere :D
Ada beberapa spot di TN Baluran yang biasa digunakan wisatawan untuk berkeliling dan foto-foto seperti savanna bekol, pantai bama dan hutan mangrove. Di savanna bekol, saya dan teman-teman open trip dari bolang adventure beruntung karena kami bertemu kerbau hutan! Yes, bertemu kerbau di Baluran memang harus hanya mengandalkan luck. Ah senangnya. Puas memotret kerbau yang menjelma menjadi model dadakan, kami beberapa kali bertemu sekumpulan rusa yang berlari-lari dalam kelompok. Seru sekali nampaknya.

Model dadakan :D


Run deers, run!!
Taman Nasional Baluran sepertinya memang menjadi habitat yang baik untuk beberapa jenis satwa meskipun menurut pemandu kami,   Baluran pernah beberapa kali mengalami kebakaran. Setelah itu pengelola dan pemerintah menanam akasia dengan maksud mengurangi resiko kebakaran, tapi ternyata akasia-akasia ini juga banyak melukai satwa. Serba salah rasanya. 

Ini dia homestaynya. Beach front lho ;)

Puas menjelajahi savanna bekol, perjalanan bisa dilanjutkan ke pantai Bama. Pantai ini cukup bersih untuk berenang dan bermain air. Juga ada tempat persewaan alat snorkeling jika wisatawan kebetulan tidak membawa perlengkapan sendiri. Jika sekadar ingin foto-foto, ada juga spot di pantai bama yang sekilas terlihat mirip pantai-pantai khas Belitong, berbatu-batu. Taman Nasional Baluran sudah jadi satu paket komplit kan kalau begitu? ;)

Ndut enjoying Bama beach

Travelmates, we call ourselves #travelerkonslet

Lilis, met buffalo at Baluran NatPark is one of her lucks!

Namaste...


2 comments:

  1. Yeay... ada poto yoga bareng kita :D Already miss you, lilis :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaakkkkk iya dong mba, kan itu asal mula kita pose jumpalitan dimana-mana. Hahahahahah see you on march, mba Isti ... :*

      Delete

About

About Me Soal bepergian dan bertemu orang baru, saya memang suka. Tetapi sejak lulus kuliah lalu mendapat pekerjaan, kebiasaan itu seperti terhenti begitu saja. Saat itu saya merasa enjoy dengan pekerjaan yang memang saya idam-idamkan. Perasaan bahagia saat itu muncul karena sebagai mantan mahasiswa (yang saat itu baru lulus) yang dulunya selalu mendapatkan uang saku dari orang tua lalu tiba-tiba bisa menghasilkan uang sendiri. It fells really really good.
  • 436 Followers

  • Author

    authorBetapa Tuhan memberkahi saya dengan kesehatan dan kesempatan.
    Lebih Lanjut →



    Tweet Me