Thursday, October 2, 2014

Upacara, Sebagai Bentuk Cinta Pada Negara

Upacara bendera dalam rangka HUT RI bukan cuma milik adik-adik di bangku sekolah dan para pegawai instansi pemerintah. Kitapun, jika kita mau bisa saja melakukan upacara bendera, justru di tempat yang tidak biasa.


Sudah jadi rahasia umum kalau Indonesia memiliki banyak gunung dan  akan kebanjiran pendaki jelang peringatan ulangtahun kemerdekaan republik ini. Mereka seperti berlomba menuju puncak demi sebuah upacara sakral di tanah tinggi dimana mereka bisa memandang jauh luas ke bawah. Saya yang belum pernah mengalami sendiri, selalu merinding disko tiap mendengar cerita kawan-kawan sepulang upacara sekaligus mendaki.

Adakalanya saya iri dan ingin suatu saat bisa merasakan hal yang sama. Maka, pada peringatan HUT RI yang ke 69 agustus lalu saya pun memutuskan untuk mengikuti upacara di tempat yang juga tidak biasa, yaitu di pedalaman Banten yang tujuan awalnya adalah mengunjungi suku baduy. Trip itu memang diadakan bertepatan dengan tanggal 17 Agustus sehingga kami beramai-ramai mengadakan upacara bendera yang meskipun ala kadarnya tetap berkesan bagi saya.



Jadilah kami beramai-ramai memakai baju batik, membentuk lingkaran, menyanyikan lagu Indonesia raya dan mengheningkan cipta untuk arwah para pahlawan. Salah satu dari kami memegangi bendera sepanjang prosesi. Sederhana tapi khidmad sekali.


Dari pengalaman ethnic getaway pertama di Baduy, ini yang dapat saya bagi. Upacara peringatan Hari Kemerdekaan sebagai salah satu cara kami mencintai negeri. Kalau kamu, bagaimana?


Lilis, She loves her country in her own way

Upacara bareng idola akuh; Kakak Prue



*tulisan sengaja di posting bertepatan dengan Hari Batik Nasional

No comments:

Post a Comment

About

About Me Soal bepergian dan bertemu orang baru, saya memang suka. Tetapi sejak lulus kuliah lalu mendapat pekerjaan, kebiasaan itu seperti terhenti begitu saja. Saat itu saya merasa enjoy dengan pekerjaan yang memang saya idam-idamkan. Perasaan bahagia saat itu muncul karena sebagai mantan mahasiswa (yang saat itu baru lulus) yang dulunya selalu mendapatkan uang saku dari orang tua lalu tiba-tiba bisa menghasilkan uang sendiri. It fells really really good.
  • 436 Followers

  • Author

    authorBetapa Tuhan memberkahi saya dengan kesehatan dan kesempatan.
    Lebih Lanjut →



    Tweet Me