Wednesday, November 5, 2014

Pertaruhan Hidup di Kawah Ijen


Dalam hidup, kita pasti pernah mengalami masa sulit, terpuruk dan merasa sepertinya alam telah melakukan konspirasi untuk menjatuhkan kita. Saya rasa itu wajar. Kemudian, kita akan berusaha bangkit dengan segala cara. Saya sendiri, salah satu cara yang saya lakukan untuk membangkitkan semangat, mood dan konsentrasi pada pekerjaan adalah dengan traveling.



Traveling, selain memiliki manfaat membangkitkan hal-hal dalam diri saya yang sedang terpuruk, juga menumbuhkan rasa syukur yang lebih besar apalagi ketika saya mengunjungi kawah Ijen yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah ijen yang terkenal cantik karena memiliki air berwarna hijau toska dan api biru, menyelipkan cerita lain yang membuat hati saya ngilu, apalagi kalau bukan soal para penambang belerang yang menggantungkan hidupnya pada kawah ini.

Para penambang belerang di kawah ijen sehari-hari harus naik turun puluhan km untuk mengambil dan mengangkut belerang dengan nafas sesak dan mata pedih karena asap belerang yang pekat. Kita semua tahu, asap belerang sangat buruk efeknya untuk paru-paru. Menghirup asap belerang dalam waktu lama bisa menyebabkan paru-paru mengeras.



Dalam satu kali angkut, mereka membawa setidaknya 60 – 80 kg belerang, yang per kilo nya hanya dihargai Rp. 600-800. Bisa hitung sendiri kan berapa pendapatan mereka? Rata-rata mereka hanya mampu bolak balik dua kali dalam sehari. Maklumlah, kawah ijen ada di ketinggian 2368 mdpl, belum lagi untuk turun ke bibir kawah mengambil belerang mereka harus menempuh jarak kurang lebih 3-4 km lagi, dengan medan licin berpasir dan kemiringan tajam.



Meski mempertaruhkan  nyawa, para penambang ini saya lihat tidak bergeming. Kita tentu tidak tahu mengapa demikian, barangkali mereka tidak memiliki pilihan. Menurut mas Agus, tour leader yang mendampingi saya dan teman-teman, sudah banyak pihak memberikan sosialisasi dan bantuan kepada para penambang. Mereka juga kabarnya telah diberi asuransi kesehatan oleh Bupati Banyuwangi. Kabar ini cukup melegakan, walau tidak mengurangi rasa ngilu di hati saya.


Menyimak cerita tentang para penambang dengan segala kompleksitasnya ini, pernahkah berfikir bahwa hidup kita terlampau berat? When you think your problems are so complicated you are about to give up on it, maybe you need to do this simple thing; pergi ke kawah ijen dan berbincanglah dengan para penambang. Selalu ada nilai yang dapat kita gali dari mereka.


Hal-hal semacam ini tentu tidak akan kita dapat jika kita hanya diam di rumah. Travelling selalu memberi kita pengalaman dan pandangan baru. Tentang hidup, tentang alam, tentang hubungan antar makhluk dan itu semestinya bisa membuat para traveller lebih toleran dan fleksibel dalam menjalani hidupnya sehari-hari.

Nah, selain mendapat pengalaman berharga dan cerita-cerita seputar kegiatan penambang disana, jangan lupa untuk tetap menikmati pemandangan di kawah ijen yang super gorjes. Waktu saya datang, cuaca sedang bagus. Langit biru cerah, membuat warna hijau pada air kawah semakin memancar. Segar dipandang mata. Selamat menikmati ijen dari dua sisi yang berbeda. J








Lilis, grab much much values from people she met.





Info Tambahan:
  • Kawah Ijen terletak di Kab. Banyuwangi, Jawa timur.
  • Dari Surabaya, terdapat moda transportasi kereta api dan pesawat terbang untuk mnuju Banyuwangi.
  • Ada banyak agen yang menyediakan paket wisata kawah ijen, biasanya sepaket dengan Baluran seperti Nusantara Trip (Mochtar +6281334043096dan Malang Travelling (Ari +6282230004677).
  • Harga paket trip TN Baluran plus Ijen dengan titik kumpul Surabaya biasanya sekitar Rp. 400.000 – 500.000

No comments:

Post a Comment

About

About Me Soal bepergian dan bertemu orang baru, saya memang suka. Tetapi sejak lulus kuliah lalu mendapat pekerjaan, kebiasaan itu seperti terhenti begitu saja. Saat itu saya merasa enjoy dengan pekerjaan yang memang saya idam-idamkan. Perasaan bahagia saat itu muncul karena sebagai mantan mahasiswa (yang saat itu baru lulus) yang dulunya selalu mendapatkan uang saku dari orang tua lalu tiba-tiba bisa menghasilkan uang sendiri. It fells really really good.
  • 436 Followers

  • Author

    authorBetapa Tuhan memberkahi saya dengan kesehatan dan kesempatan.
    Lebih Lanjut →



    Tweet Me