Wednesday, February 11, 2015

Kasmaran pada Labuan Bajo yang Menawan

Ketika memutuskan akan melakukan traveling pada bulan desember, ramai-ramai teman-teman mengomentari keputusan saya. Rata-rata meragukan. Mereka bilang traveling di musim penghujan pasti tidak akan menyenangkan. Lebih spesifik, mereka yang tahu bahwa destinasi utama saya adalah laut, semakin banyak yang memberi komentar dengan bersungut-sungut. Katanya laut tidak bersahabat di bulan desember; ombaknya besar, snorkeling atau berenang akan terasa hambar.




kiri, bang pilot!!! :D
Awalnya saya sempat ragu juga, tapi destinasi yang saya pilih ini, Pulau Komodo dan sekitarnya, adalah destinasi impian saya. Bahkan, dari 10 destinasi impian yang saya susun, saya menempatkan Pulau Komodo di urutan teratas, saking inginnya saya kesana. Saya lalu memantapkan hati, akan seperti apapun cuaca disana nanti, saya tidak akan terlalu peduli.

Seperti yang sudah saya baca berkali-kali, Flores memang lebih banyak dikunjungi turis asing, tetapi harga makanan dan penginapan masih bisa dicari yang sedang kok. Transportasi angkutan kota dan ojek juga harganya biasa, tidak sampai membuat kita harus puasa. Hehehehe

dari jendela penginapan


Menjelajahi Labuan Bajo selama 4 hari, saya menghabiskan sebagian besar waktu di atas kapal. Agen-agen wisata biasa memasarkan paket perjalanan ini dengan nama living on board. Pulau-pulau cantik di sini memang terlalu jauh jika harus dikunjungi dengan sekali jalan, kembali ke kota, lalu memulai perjalanan keesokan harinya. Maka bersama awak kapal yang semuanya baik, ramah dan menyenangkan, saya menghabiskan hari-hari di atas kapal dengan gembira.



makan siang di kapal
Perjalanan saya dimulai dengan mengunjungi pulau kanawa. Ibarat restoran, Pulau Kanawa menyediakan paket komplit; taman laut yang indah dan treking ke atas bukit. Jika tidak menginap di sini, kapal tidak boleh bersandar di dermaga pulau, jadilah kapal-kapal pembawa wisatawan ini menurunkan jangkar agak jauh dari dermaga dan kami harus berenang menuju Kanawa. Megap megap saya dibuatnya! Hahahahaha



Pulau Kanawa di belakang kami
Kanawa hanya memiliki beberapa cottage, itulah kenapa banyak wisatawan (termasuk saya) tidak kebagian kamar karena untuk melakukan pemesanan melalui surat elektronik, wisatawan harus menginap minimal 3 malam. Sedangkan ketika saya kesana adalah musim libur akhir tahun, jadi saya cuma bisa gigit jari. Hihihi. Tidak apalah, Kanawa tetap bisa dijelajahi tanpa menginap. Saya snorkeling bertemu bayi ikan hiu, ikan kembung dan si lucu ikan badut. Saya juga naik ke bukit untuk menyaksikan pulau kanawa dari ketinggian dan pemandangan disana super gorgeous! Saya speechless!


Setelah capek menjelajah, jangan lupa untuk singgah dan jajan di satu-satunya tempat makan yang ada di Pulau Kanawa. Mereka menyajikan menu Italia dan Indonesia. Harganya lumayan mahal. Maklum, semua bahan makanan ini kan diangkut dari kota menggunakan kapal. Satu porsi makanan rata-rata dibanderol dengan harga Rp. 100.000. Saya memesan nasi goreng dengan harga Rp. 65.000 dan jus mangga dengan harga Rp. 30.000.

Wisata Pulau Komodo biasanya memang sepaket dengan mengunjungi pulau-pulau di sekitar, termasuk Pulau Kanawa. Dari beberapa pulau yang dihuni komodo, ada 2 yang terkenal dan menjadi lokasi treking untuk melihat komodo yaitu Pulau Rinca atau dalam bahasa lokal disebut Loh Buaya dan Pulau Komodo atau Loh Liang. Di kedua pulau itu, menurut ranger, masih ada sekitar 5 ribu komodo. Meski begitu kita tidak serta merta bisa melihat mereka, kita tetap butuh keberuntungan. Biasanya, ada beberapa ekor komodo yang “leyeh-leyeh” di kolong rumah ranger atau dapur dan wisatawan  bisa leluasa memotret, dalam radius aman tentunya. Ihihihihi







Komodo bukan satu-satunya daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Labuan Bajo. Mereka yang gemar menyelam pasti sudah tahu, Pulau Komodo memiliki taman bawah laut yang indah bukan kepalang. Bagi yang tidak bisa menyelam seperti saya, snorkeling pun sudah sangat menyenangkan. Di pantai pink yang berpasir merah muda, wisatawan bisa bersantai di pantai yang bersih atau snorkeling dan pasti akan merasa puas karena disuguhi pemandangan bawah laut yang menakjubkan.



warna pasirnya cantik
Labuan Bajo saya tempatkan di nomor satu dalam daftar tempat yang ingin saya kunjungi saya karena sangat lengkap. Sekali datang, kita bisa bertemu komodo, keturunan terakhir dinosaurus  yang hanya ada di Indonesia, bisa menyaksikan ikan pari manta di manta point, pemandangan dari atas bukit yang breath taking, taman bawah laut yang menghipnotis dan pantai pink yang sudah menjadi impian saya sejak lama. Masih ingin bertanya kenapa saya begitu jatuh cinta?



Mengenai waktu terbaik kunjungan, memang benar desember bukan bulan favorit untuk mengunjungi Labuan Bajo karena ombak yang besar dan was-was akan turun hujan, tapi kalau kesempatan sudah di depan mata kenapa harus menunda-nunda? Barangkali kota ini tahu saya sangat ingin ke sana dan sangat kasmaran padanya, maka ia menghadiahi saya sinar matahari dan langit biru di mana-mana.







Lilis, she knows sometime falling in love is too easy ;)





Info Tambahan:
  • Tersedia banyak paket live on board (LOB) yang biasanya berangkat dari Lombok berakhir di Labuan Bajo atau sebaliknya dg kisaran harga Rp. 1,750,000.
  • Untuk yang tidak terlalu suka traveling dengan rombongan besar, bisa menyusun paket privat tentunya dengan penyesuaian harga.
  • Paket yang saya ambil ini adalah 3 hari 2 malam LOB hanya di Labuan Bajo untuk 2 orang, harga kisaran Rp. 4.000.000.
  • Jika menghendaki model trip lain, Kencana Adventure bisa membantu.
  • CP +6281222066066





No comments:

Post a Comment

About

About Me Soal bepergian dan bertemu orang baru, saya memang suka. Tetapi sejak lulus kuliah lalu mendapat pekerjaan, kebiasaan itu seperti terhenti begitu saja. Saat itu saya merasa enjoy dengan pekerjaan yang memang saya idam-idamkan. Perasaan bahagia saat itu muncul karena sebagai mantan mahasiswa (yang saat itu baru lulus) yang dulunya selalu mendapatkan uang saku dari orang tua lalu tiba-tiba bisa menghasilkan uang sendiri. It fells really really good.
  • 436 Followers

  • Author

    authorBetapa Tuhan memberkahi saya dengan kesehatan dan kesempatan.
    Lebih Lanjut →



    Tweet Me