Wednesday, May 13, 2015

Panen Sinar Matahari Pagi di Punthuk Setumbu



Umumnya orang sudah tahu bahwa di Jawa Tengah terdapat spot untuk menikmati sunrise yang masuk daftar rekomendasi CNN Travel dan Jakpost travel yaitu bukit sikunir di kabupaten Wonosobo. Belakangan, ada satu spot lagi yang kabarnya memiliki potensi yang sama dalam menghadirkan keindahan semburat warna jingga khas matahari terbit di kabupaten Magelang. Nama lokasinya Punthuk Setumbu.






Terletak di kecamatan Grabak, Magelang, Puthuk Setumbu ibarat lahan subur bagi petani. Disana, para wisatawan bisa memanen sinar matahari nan hangat sambil sayup-sayup menyaksikan kemegahan candi budha terbesar di Indonesia dari kejauhan. Menurut info yang saya dapatkan dari hasil browsing dan mengobrol dengan warga, borobudur tidak selalu bisa tampak dari Punthuk Setumbu. Tergantung ketebalan kabut dan arah angin. Pun ketika saya datang, saya tidak berhasil menyaksikan borobudur tetapi hal itu sama sekali tidak mengurangi kekhusyukan saya menyaksikan sang surya mulai beranjak meninggi.





Kakek penduduk lokal diantara para wisatawan. Seems life is good for him ;)

Seperti umumnya spot menikmati sunrise, Punthuk Setumbu berlokasi di tanah tinggi yang untuk mencapainya kita perlu treking. Tapi jangan khawatir, punthuk setumbu sangat bersahabat. Dari gerbang utama, setelah membayar karcis masuk kita hanya perlu berjalan sekitar beberapa ratus meter. Jalanan sebagian sudah dipaving dan tanjakan tidak terlalu terjal. 



Jalur treking
Usahakan datang pagi-pagi sekali karena jika kesiangan bisa-bisa spot untuk mengambil gambar sudah habis ditempati wisatawan lain mengingat puntuk setumbu tidak terlalu luas tempatnya. Well, selamat memanen sinar matahari, selamat mendapatkan vitamin D gratis dan alami.

enjoy the sunrise with your loved ones 


Lilis, she never avoid sunrays




Info Tambahan:
  • Punthuk Setumbu terletak  di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
  • Harga karcis masuk Rp. 15,000/orang
  • Terdapat musholla di dekat gerbang utama dan di atas untuk yang beragama Islam dan ingin menunaikan solat subuh sebelum menyaksikan matahari terbit

2 comments:

  1. kata teman indah sekali sunrisenya..mau kesanaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah...asikkkkk salamin buat temannya ya mba, semoga enjoy dan beruntung liat puncak borobudur :D

      Delete

About

About Me Soal bepergian dan bertemu orang baru, saya memang suka. Tetapi sejak lulus kuliah lalu mendapat pekerjaan, kebiasaan itu seperti terhenti begitu saja. Saat itu saya merasa enjoy dengan pekerjaan yang memang saya idam-idamkan. Perasaan bahagia saat itu muncul karena sebagai mantan mahasiswa (yang saat itu baru lulus) yang dulunya selalu mendapatkan uang saku dari orang tua lalu tiba-tiba bisa menghasilkan uang sendiri. It fells really really good.
  • 436 Followers

  • Author

    authorBetapa Tuhan memberkahi saya dengan kesehatan dan kesempatan.
    Lebih Lanjut →



    Tweet Me