Tuesday, August 11, 2015

Dalam Edisi Menyambut Festival Serayu: Arung Jeram 16 KM


Festival Serayu digadang-gadang oleh pemerintah setempat akan menjadi acara yang spektakuler seperti pendahulunya Dieng Culture Festival (DCF). Acara yang akan digelar bulan agustus ini menarik perhatian saya, bukan saja karena baru dua bulan lalu saya kesana tapi juga karena saya adalah warga Jawa Tengah. Ada sedikit rasa bangga, ternyata provinsi tempat tinggal saya mulai berkembang dalam hal pariwisata. Mereka berlomba-lomba menyukseskan program Visit Jateng 2015 yang bertajuk More than friendly.


Festival Serayu, seperti pula namanya pasti akan banyak terkait dengan sungai serayu, sungai yang beberapa tahun terakhir makin meroket namanya sebagai lokasi favorit penyuka petualangan untuk menguji adrenalin. Serayu yang mengalir dari Kabupaten Wonosobo dan bermuara di laut selatan menjadi arena olahraga arung jeram yang menantang dengan beberapa jeram berbahaya.


Datang dengan rombongan berjumlah empat belas orang, kami dilayani oleh tim arungjeramserayu.com dengan baik. Kami langsung diminta berganti pakaian, dipandu dan dibantu memilih jaket pelampung, sepatu serta helm yang sesuai. Setelah itu kami diberi masing-masing 1 dayung, lalu diajak berkumpul untuk mendengarkan briefing. Barang-barang berharga supaya dititipkan, kamera anti air boleh dibawa dan menjadi tanggung jawab masing-masing pemilik, serta simulasi cara mendayung yang benar. Tidak lupa aba-aba khas atlet arung jeram. Bagaimana ketika ada jeram dan kami harus masuk ke dalam kapal, misalnya.

Sebelumnya, berhubung kami datang ketika akhir pekan, kami telah menghubungi CP arung jeram serayu untuk memesan tempat. Kami ditawari 3 pilihan, 14, 16, atau 24 Km! Hahahaha. Dengan beberapa pertimbangan akhirnya kami memilih 16 Km yang menurut pemandu akan kami tempuh dalam waktu sekitar 3 jam dengan 1 kali istirahat untuk minum air kelapa muda dan nyemil mendoan. Hmmmm

Muka pada tegang hahaha


Memang benar kabar yg kami dengar bahwa serayu memiliki jeram jeram menantang. Sepanjang perjalanan, tak henti-hentinya saya dan Nurul berteriak kegirangan (sekaligus ketakutan sebenernya hahaha). Di beberapa titik ketika air tenang, pemandu mempersilakan kami menceburkan diri ke sungai, meski yg tidak mau akhirnya dipaksa diceburkan juga. Hahahaha. Seusai istirahat seperti yang diawal disampaikan pemandu, kami melanjutkan perjalanan menyusuri serayu sampai ke lokasi finish lalu naik angkutan menuju lokasi start. Disana sudah tersedia makan siang yg nikmat, nasi dengan ikan bakar, sambal dan lalapan. Sangat cocok untuk yang sedang kelelahan dan lapar seperti kami.


Kamar mandi dan ruang ganti juga disediakan dengan jumlah yang cukup, bahkan ada beberapa pancuran diluar. Saya dan Nurul memilih mandi di pancuran karena lebih segar. Hahahaha.

Itu sekilas cerita seru yang dapat saya ingat dari pengalaman saya dan kawan-kawan ber-arung jeram di Serayu. Sungai yang menjadi pusat kehidupan warga Banyumas, yang sebentar lagi akan menggelar hajatan festival. Selamat menyambut kedatangan para wisatawan, Serayu. Semoga festival ini tak membuatmu kuyu, tapi justru membuat kami makin sadar betapa pentingnya menjaga kelestarianmu.






Lilis, go with the river flow





Info Tambahan:
  • Booking arung jeram serayu bisa dilakukan melalui website www.arungjeramserayu.com
  • Harga kisaran Rp. 75.000/orang
  • Jika ingin ditambah dokumentasi, dikenakan biaya Rp. 150.000/grup, nantinya akan ada petugas yang sudah siap di spot-spot tertentu untuk memotret kita yang sedang beraksi. Hihihihi
  • Foto-foto arung jeram mereka juga dapat dilihat di akun instagram @rafting_serayu

No comments:

Post a Comment

About

About Me Soal bepergian dan bertemu orang baru, saya memang suka. Tetapi sejak lulus kuliah lalu mendapat pekerjaan, kebiasaan itu seperti terhenti begitu saja. Saat itu saya merasa enjoy dengan pekerjaan yang memang saya idam-idamkan. Perasaan bahagia saat itu muncul karena sebagai mantan mahasiswa (yang saat itu baru lulus) yang dulunya selalu mendapatkan uang saku dari orang tua lalu tiba-tiba bisa menghasilkan uang sendiri. It fells really really good.
  • 436 Followers

  • Author

    authorBetapa Tuhan memberkahi saya dengan kesehatan dan kesempatan.
    Lebih Lanjut →



    Tweet Me