Wednesday, October 21, 2015

Tentang Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang


Saya beberapa kali menunjungi air terjun. Rata-rata air terjun akan membuat kita sedikit berjuang. Entah trekingnya yang meski datar tapi jauh dan becek, entah harus menuruni dan menaiki ratusan anak tangga, entah harus menyusuri jalan setapak berbatu, atau gabungan dari ketiganya seperti air terjun tumpak sewu atau coban sewu yang ada di Kab. Lumajang, Jawa Timur ini.



Tempat ini, yang sungguh dramatis, tidak saya sangka memiliki jalur treking ngeri-ngeri sedap. Semua masih serba sederhana. Beberapa lokasi bahkan membuat kita harus merayap karena takut terpeleset. Ada beberapa tanah menganga yang hanya disangga dengan bilah-bilah bambu (yang harus kita titi satu persatu), ada jalur yang harus dilewati dari akar pohon ke akar pohon lain, ada air terjun mini yang harus kita turuni. Menapakkan kaki ke bebatuan yang dialiri air cukup deras sudah membuat saya merinding. Takut tergelincir, takut ini takut itu.



Tapi setelah menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan dan lebih banyak mendebarkan, air terjun tumpak sewu adalah surga dunia. Ada tebing bebatuan yang mengelilingi kami seperti tembok raksasa. Lebih indah lagi karena tembok-tembok ini dialiri air.



Masih dalam 1 lokasi, ada juga goa tetes yang memiliki jalur treking tidak kalah mendebarkan. Tembok bebatuan dialiri air yang cukup deras. Jadi kita akan menjadi seperti atlet rock climbing sambil berbasah-basah tentunya.  Bagi yang hendak menuju puncak, harus hanya mengandalkan seutas tali sebagai pegangan.



Tempat ini sepertinya belum banyak terjamah wisatawan, terbukti disana masih relatif sepi meski datang ketika akhir pekan. Kita masih bisa mendengar cemericit suara burung, berpadu suara air terjun, alangkah damai....

Di dekat lokasi air terjun, terdapat warung yang menjual cemilan ringan. Sekiranya pengunjung ada yang kelaparan atau kehausan setelah treking yang melelahkan, masih ada pertolongan pertama. Hehehehe...


Air terjun tumpak sewu adalah satu lagi keajaiban yang akan membuat kita berdecak kagum. Sama halnya seperti air terjun Niagara nan tersohor, tumpak sewu juga bisa dinikmati dari dua sisi, atas dan bawah. Akan tetapi untuk menuju bawah, siapkan fisik. Jangan sampai menyerah di tengah jalan. Sayang kan, masa udah berharap mau melihat surga dunia terus batal gara-gara kelelahan, misalnya? ;)






Lilis, her heart falls for waterfalls sometime


Info Tambahan:
  • Air terjun Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.
  • Tiket masuk Rp. 10.000
  • Terdapat warung dan kamar mandi umum untuk bilas di area parkir.
  • Harga makanan sangat terjangkau, sedangkan untuk mandi/bilas dikenakan biaya Rp. 5,000

6 comments:

  1. Aku penasaran mau kesini, ajak aku kak #Ngarep

    ReplyDelete
    Replies
    1. KakCum kan sedang bersantai manjah di Baliii. Bawain aku bule cucok dulu baru nanti aku ajak kesini wkwkwkwk

      Delete
  2. Terima kasih infonya. Salam jelajah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mas. Enjoy this beautiful site ya ;)

      Delete
  3. aduh bagus banget, tp kalo ujan gini kayaknya makin licin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu iya Kak, dan serem jadinya ya. Kepleset dikit kan fatal. Nanti tunggu bulan kemarau aja biar aman :D

      Delete

About

About Me Soal bepergian dan bertemu orang baru, saya memang suka. Tetapi sejak lulus kuliah lalu mendapat pekerjaan, kebiasaan itu seperti terhenti begitu saja. Saat itu saya merasa enjoy dengan pekerjaan yang memang saya idam-idamkan. Perasaan bahagia saat itu muncul karena sebagai mantan mahasiswa (yang saat itu baru lulus) yang dulunya selalu mendapatkan uang saku dari orang tua lalu tiba-tiba bisa menghasilkan uang sendiri. It fells really really good.
  • 436 Followers

  • Author

    authorBetapa Tuhan memberkahi saya dengan kesehatan dan kesempatan.
    Lebih Lanjut →



    Tweet Me