Wednesday, January 27, 2016

Penginapan (Istimewa) di Lembah Harau: Abdi Homestay


Setelah sekian lama memimpikan untuk berkunjung ke Sumatra Barat, akhirnya keinginan itu berhasil saya wujudkan di akhir tahun 2015. Dari sekian banyak destinasi wisata yang ditawarkan Sumatra Barat, hati saya terpikat Lembah Harau. Sebuah kawasan yang terdapat bebatuan karst raksasa hasil bentukan alam.

Bagi saya, menikmati lembah harau tidak harus dengan melakukan apa-apa. Cukup duduk-duduk manis di dekat air terjun, mencoba keunikan tembok echo yang bisa memantulkan suara kita, atau sekedar leyeh-leyeh di penginapan. Nah, saya melakukan yang terakhir itu bersama teman-teman. 

Lembah harau yang asri dan sejuk memang pas dijadikan lokasi untuk membangun penginapan. Ada banyak tipe penginapan disana, seperti biasa kita bisa pilih sesuai kedalaman kantong kita. Hehehehehe. Setelah mencari informasi, kami memutuskan akan menginap di abdi homestay.


                             

Penginapan ini terletak beberapa ratus meter saja dari tembok echo, dengan jalan menyempit dan belum diaspal. Awalnya saya ragu, tetapi setelah menemukan lokasinya, alamaaaaakkkkkkk bahagia rasanya. Abdi homestay terletak jauh dari jalan raya, otomatis anti bising. Semua cottage menghadap sawah dan kolam ikan, serta berbackground air terjun. Bayangkan, setelah menempuh perjalanan 5 jam dari bandara Minangkabau, ketenangan seperti ini memang menjadi hal yang sangat melegakan. Meski disana listrik sangat terbatas, oh I don't care at all.






Dengan semua hal-hal istimewa itu, bayangan saya penginapan ini akan lumayan menguras kantong. Ternyata saya salah, kami hanya cukup membayar separo dari budget yang telah kami siapkan. Di dalam satu cottage terdapat 1 kasur besar dan 1 kasur kecil di lantai atas, cocok jika kita datang beramai-ramai atau bersama keluarga besar.




                            
Abdi homestay mempekerjakan seseorang yang bisa kita mintai tolong apa saja, termasuk membelikan makan malam. Ada juga Uni Noni, istri dari Uda Ikbal pemilik cottage yang bertugas memasakkan makanan pagi kita atau membuatkan kopi atau teh dan tidak mau menyebutkan harga ketika kami hendak membayar. Baik sekali. Kami terharu masih bisa bertemu orang-orang baik dimana-mana. Yang lebih menyenangkan lagi, disana terdapat kursi-kursi yang dibuat melingkar di area api unggun. Kpanpun kita mau, pengelola dapat menyalakan api untuk kita. Uda Ikbal bahkan menemai kami mengobrol sampai malam.




Jika menginap disini, pastikan bisa bangun pagi lalu berjalan-jalan ke sekitar. Banyak spot di area air terjun yang instagramable dan sayang jika dilewatkan.





Dengan segala hal yang serba alami, tenang dan sejuk disana, saya rasa pilihan saya menginap di abdi homestay sangat tidak tepat. Tidak tepat karena hanya satu malam!!! Harusnya saya bisa menginap lebih lama. Huhu. Well, someday I'll come again. With all the serenity and beauty, nobody can avoid falling in love to these cottages.





Lilis, her one night stay at Abdi Homestay was unforgettable


Info Tambahan:

  • Abdi Homestay terletak di kawasan Lembah Harau, Payakumbuh, Sumatra Barat
  • Terdapat papan nama di jalan raya sebagai penunjuk lokasi Abdi Homestay
  • Rate menginap per malam Rp. 200,000/cottage (bisa diisi 3-4 orang)
  • Kita boleh memesan kopi, teh atau makanan yang biasanya pengelola homestay tidak mau menyebutkan harga. Jadi kita harus mengira-ngira sendiri. Berikan uang lebih jika ada.
  • Untuk memesan bisa menghubungi Uda Ikbal di nomor hp 085263781842 atau email ke ikbalharau@yahoo.com
  • Mereka juga menyewakan sepeda motor untuk berkeliling. Again, pastikan membayar dengan harga yang pantas ya. 

No comments:

Post a Comment

About

About Me Soal bepergian dan bertemu orang baru, saya memang suka. Tetapi sejak lulus kuliah lalu mendapat pekerjaan, kebiasaan itu seperti terhenti begitu saja. Saat itu saya merasa enjoy dengan pekerjaan yang memang saya idam-idamkan. Perasaan bahagia saat itu muncul karena sebagai mantan mahasiswa (yang saat itu baru lulus) yang dulunya selalu mendapatkan uang saku dari orang tua lalu tiba-tiba bisa menghasilkan uang sendiri. It fells really really good.
  • 436 Followers

  • Author

    authorBetapa Tuhan memberkahi saya dengan kesehatan dan kesempatan.
    Lebih Lanjut →



    Tweet Me