Wednesday, June 22, 2016

Trip ke Ternate: Selayang Pandang


Ternate adalah ibu kota provinsi Maluku Utara. Awalnya, kota ini tidak masuk wishlist saya untuk tahun 2016 karena kurang populer dibanding Raja Ampat, Derawan, Pulau Komodo, bahkan Sumba (yang selama ini saya idam-idamkan). Jika mendengar Maluku Utara, saya malah memikirkan Jailolo, yang terkenal karena setiap tahun menggelar hajatan Festival Teluk Jailolo. Saya belum pernah kesana, semoga suatu saat nanti. Amin.

Anak-anak Ternate asik bermain
Nama Ternate mulai saya pikirkan sejak mengikuti beberapa akun instagram yang hits (terlihat dari jumlah pengikut dan jumlah likes di setiap fotonya) karena selalu memposting foto-foto indah Indonesia Timur: @ilhamarch. Fyi, saya sangat menyukai media sosial yang satu itu. Too many beautiful pics there. Dari mengikuti akun Ilham, saya mengikuti beberapa akun lain yang juga memiliki postingan sejenis dan selalu menulis Ternate di kolom lokasi.

   

Dari situ saya mulai mencari tahu tentang Ternate terutama tentang potensi wisatanya dan tercenganglah saya. Bukan hanya Ternate, ternyata banyak lagi tempat di Maluku Utara yang indah bukan main. Beruntung beberapa teman lain tidak kalah terpesona dengan saya, maka mencari travelmates untuk pergi ke Ternate menjadi sangat mudah. Tidak butuh waktu lama, Ternate langsung masuk wishlist dan kami segera membeli tiket pesawat ke sana.

I Love Ternate. What about you? ;)
Mengenai Ternate yang semula tidak ada wishlist, kami menjadi minim informasi. Maka itu kami putuskan untuk ikut trip yang sudah jelas itinerary nya yaitu trip yang ditawarkan oleh @tripindonesiatimur yang tidak lain dimotori oleh si pemilik akun @ilhamarch. Kami dengan mudah dapat menentukan untuk ikut trip itu karena setiap kali browsing, nama Trip Indonesia Timur selalu keluar di halaman awal. Mungkin karena belum banyak trip operator atau trip planner yang menjual paket wisata Ternate.

Alasan lain memilih Trip Indonesia Timur  adalah karena mereka memiliki alat dokumentasi yang lengkap. Action cam, osmo, dome dan drone. Itu yang membuat kami tertarik. Meski ketika snorkeling akhirnya dome tidak digunakan, kami masih cukup puas dengan dokumentasi drone yang juga disunting oleh Ilham.

Mendarat dan langsung disambut Gunung Gamalama
Begitulah kemudian kami pergi ke Ternate pada libur panjang bulan mei 2016. Tidak seperti kebanyakan tempat wisata, meski libur panjang, Ternate tidak macet. Tempat wisata ramai, tetapi tidak sampai membuat kami kehilangan kenyamanan. Excellent!

Senja yang sedikit mendung di Ternate
Kami pergi ke beberapa tempat yang sangat ikonik seperti benteng-benteng, salah satunya Benteng Tolucco. Benteng peninggalan Portugal ini terkenal karena bentuknya yang unik menyerupai alat kelamin pria. Ouchhh. Mengenai sejarah dan info lain tentang Benteng Tolucco, you can google it.


Benteng Tolucco, foto oleh Ilham
Kami juga pergi ke pantai Fitu. Pantai ini, adalah pantai yang ada di lembaran uang 1.000 dengan latar Pulau Tidore dan Gunung Maitara. Yang membuat saya sangat gembira adalah ketika kami datang, ada sebuah kapal dan sebongkah awan di deket Gunung Maitara, membuat pemandangan itu makin mirip dengan yang ada di uang 1000. Epic!!!

Pantai Fitu
Mirip, kan? ;)
Ada juga benteng Kalamata, yang berdiri dekat dengan laut. Membuatnya semakin megah ketika dipotret dari atas. Setelah dari benteng, kami menuju Kedaton Kesultanan Ternate. Saya sempat heran bahwa kedaton itu tidak berpenjaga di gerbang depan sehingga kami bisa langsung masuk. Menurut Bang Yun yang menemani kami, kedaton tersebut saat ini masih didiami keluarga sultan.

Benteng Kalamata yang siang itu menjadi "runway" kami :D
Kedaton Kesultanan Ternate
(bukan) Keluarga Sultan :p
Kami juga mengunjungi Danau Tolire dan Danau Ngade. Keduanya juga cantik dipotret dari ketinggian. Di tempat kami menikmati pemandangan Danau Ngade bahkan Bang Yun memanjat pohon kelapa dan memetik beberapa setelah mendapat ijin si pemilik tentunya. Minum air kelapa langsung dari kelapa yang barusan dipetik. Segar... Tidak ketinggalan, kami juga snorkeling di teluk Sulamadaha. Malam hari, kami jalan-jalan di kota berwisata kuliner. 

Danau Tolire, sesaat setelah diguyur hujan

Danau Ngade
Menurut saya, Ternate sangat recommended bagi wisatawan dengan ritme agak santai. Di kota itu, lokasi-lokasi wisata jaraknya tidak terlalu jauh. Jadi kita tidak terburu-buru. Tempat-tempat yang dikunjungi pun sangat menarik, apalagi jika Anda seorang fotografer atau seseorang yang memiliki hobi memotret. Everything is in good harmony. Instagramable banget. Hehehehe. Sedangkan wisata airnya, snorkeling di Teluk Sulamadaha menurut saya biasa saja. Tidak jelek, tapi juga tidak outstanding. Saking asiknya, saya bahkan tidak sempat mengambil gambar apapun di Sulamadaha -_-

Batu Angus

Jangan ngelamun, Mas Yogo :p
Benteng Kalamata, foto oleh Ilham
Sebetulnya masih banyak tempat lain yang karena keterbatasan waktu yang saya miliki, belum saya kunjungi. Saya dengar ada Pantai Jikomalamo, Masjid Apung di pusat kota dan barangkali jika waktu mencukupi bisa melipir ke Tidore dengan kapal fery.

Pelabuhan Ternate
Selain itu, jika ikut trip di tanggal merah panjang, pastikan Anda ngobrol lebih detail dengan Ilham. Tanyakan dimana nanti Anda menginap, kendaraan apa yang akan dipakai, sudah menikah atau belum dan hal-hal krusial lain. Berdasarkan pengalaman saya, kami ke Ternate ber 6 dan disana kami diberi fasilitas mobil xenia plus supir dan guide sehingga mobil terasa agak sempit karena kami gendut gendut, kecuali Mufti. Hahahahaha. Untungnya, barang-barang kami diletakkan di mobil lain. Oh iya, di Ternate tidak ada mobil elf berkapasitas besar, sehingga jika Anda datang dengan rombongan lebih dari 6 orang, kemungkinan besar Anda akan akan dipisah supaya nggak basi menggunakan 2 mobil.

Pastikan juga Anda selalu didampingi guide kemanapun pergi sehingga ada yang bisa membantu Anda menjelaskan sesuatu atau menceritakan hal-hal yang Anda tidak tahu tentang tempat yang Anda kunjungi. Juga, untuk memastikan semuanya sudah diurus oleh mereka. Jika Anda membayar trip all in, artinya Anda tidak perlu mengeluarkan dana apapun lagi kecuali keperluan pribadi.

Mengenai lokasi menginap, adalah hotel boulevard yang lokasinya sangat strategis memang; di pusat kota dan dekat ke keramaian seperti mall dan pusat oleh-oleh. Tetapi, kondisi kamar kurang memuaskan. Toiletries tidak lengkap, di kamar saya bahkan tidak ada handuk dan harus minta, sandal hanya ada sepasang dan sarapan yang jenisnya tidak banyak. Di Ternate sebetulnya ada hotel yang lebih bagus--Bella International--tetapi jika ingin menginap disana kami harus menambah biaya. Hihihihi. Akhirnya ya.. kami terima-terima aja deh nginep di situ.

Wah... kok jadi panjang. Padahal tadi rencananya cuma mau nulis sedikit dan banyakin foto, tapi tetep ajaaa jadi panjang. Hahahahaha. Maafkan. Semoga ada informasi yang membantu ya. Oh iya satu lagi, waktu ke Ternate kemarin, kami menghabiskan satu hari penuh island hoping ke Morotai. Ceritanya setelah postingan ini. Hihi ;)

Dah.. Ternate. Sampai berjumpa lagi...

Lilis, ke Ternate dahulu, terpesona kemudian.




Info Tambahan:
  • Trip Indonesia Timur dapat dikontak di nomor hp 085240057958 (Ilham)
  • Mereka menyediakan open trip dan private trip dengan jumlah wisatawan minimal 5 orang
  • Biaya trip Ternate-Morotai selama 4 hari 3 malam all in adalah Rp. 3,100,000
  • Bawalah flashdisk berkapasitas besar jika ingin langsung mengcopy foto dari drone Ilham, or less kita harus menunggu dia mengirim CD ke alamat kita. Saya kemarin menunggu selama seminggu dari trip sampai CD nya dikirim.
  • Jika bepergian di libur panjang, ada kemungkinan akan digabung dengan rombongan lain. Rombongan saya kemarin digabung dengan 2 rombongan lain. Total 17 orang.




No comments:

Post a Comment

About

About Me Soal bepergian dan bertemu orang baru, saya memang suka. Tetapi sejak lulus kuliah lalu mendapat pekerjaan, kebiasaan itu seperti terhenti begitu saja. Saat itu saya merasa enjoy dengan pekerjaan yang memang saya idam-idamkan. Perasaan bahagia saat itu muncul karena sebagai mantan mahasiswa (yang saat itu baru lulus) yang dulunya selalu mendapatkan uang saku dari orang tua lalu tiba-tiba bisa menghasilkan uang sendiri. It fells really really good.
  • 436 Followers

  • Author

    authorBetapa Tuhan memberkahi saya dengan kesehatan dan kesempatan.
    Lebih Lanjut →



    Tweet Me